Al-I‘jaazul ‘Ilmi fi Sunnah An-Nabawiyah

Sains dan teknologi telah melekat erat ke dalam setiap gaya hidup dan kehidupan modern, bahkan begitu pentingnya bagi kaum akademis, sudah menjadi tuntutan dalam kehidupan professional kita.

Maka belajar sains serta mengembangan keterampilannya dan teknologi pada saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi mereka yang menginginkan kemajuan. Perkembangan sains dan teknologi modern telah memberikan banyak kontribusi kepada seluruh masyarakat di berbagai belahan dunia, tidak hanya Negara-Negara maju saja, namun juga Negara yang baru berkembangpun ikut memberikan peranan dalam hal memajukan sains dan teknologi itu sendiri .Berbagai percobaan telah dilakukan para peneliti dan ilmuwan barat dalam menciptakan inovasi. Percobaan lain juga dilakukan untuk meneliti benda-benda alam di dunia ini demi kemaslahatan umat manusia. Semua itu telah banyak menyita waktu, tenaga, pikiran bahkan dana yang tidak sedikit, guna mendapatkan keberhasilan dalam hal tersebut.
Hal yang paling menarik di sini adalah banyak di antara temuan para ilmuan yang baru-baru ini ditemukan, ternyata telah lebih dahulu diungkap oleh seseorang yang tidak tahu tulis baca, yaitu sang Utusan, Nabi Muhammad Saw .Melalui lisannya yang tidak pernah terkotori oleh dusta, beliau menuturkan hadits-hadits yang di dalamnya terdapat rahasia-rahasia sains. Pada awalnya, manusia tidak menyadari ada sebagian kalam-kalam Rasulullah yang mempunyai mukjizat-mukjizat sains. Namun berbagai penelitian dan uji coba telah dilakukan dan pada akhirnya hasil penelitian tersebut membenarkan perkataan Rasulullah saw.
Buku Al I’jazul ‘Ilmi fi As-Sunnah An-Nabawiyah karangan Dr. Zaglul Raghib Muhammad An-Najar ini telah banyak memaparkan rahasia-rahasia sains di dalam hadits Rasulullah.
Dengan bahasa yang tidak terlalu sulit, beliau menerangkan 70 hadits shohih, hasan, dan dhoif yang kandungannya terdapat rahasia-rahasia sains.
17 hadist pertama mendeskripsikan hadist-hadist kauniyyah (alam semeta) gunung,lautan,matahari, bumi dan perbintangan masuk dalam pembahasan. Buku ini juga dilengkapi dengan berbagai gambar-ambar sehingga pembaca benar-benar memahami isi di dalamnya, dan tidak akan bosan membacanya.
Di dalam buku ini, beliau menyebutkan macam-macam manfaat berbagai buah seperti buah Tin, mengapa Allah ‘azza wa jalla telah berfirman dalam Al-Qur’an mengenai buah tersebut. Ini adalah karena khasiat dan keistimewaannya yang tiada bandingnya dengan buah-buahan lainnya.Nabi Muhammad pun dalam sabdanya yang diriwayatkan oleh Abu Darda
” Sekiranya aku katakan, Sesungguhnya buah yang turun dari Surga maka aku katakan, inilah buahnya (Tiin), sesungguhnya buah surga tiada keraguannya.”
Banyak juga disebutkan kelebihan-kelebihan siwak, air zam-zam,maupun adas yang sering kita jumpai di pasar atau toko di Negeri seribu menara ini. Tidak ketinggalan juga rahasia tentang tujuh lapisan bumi.
dijelaskan dalam buku ini juga,proses tahap-tahap penciptaan manusia dalam perut sang ibu, persis seperti apa yang terdapat dalam hadist Rasulllah mulai dari Nuthfah, ’Alaqoh, kemudian menjadi Mudhgah, ,dengan gambar yang detail dan sistematis menceritakan keadaan bentuk janin.
Dan juga yang sangat mengagumkan adalah pemaparan bukti-bukti mukjizat.di antaranya terbelahnya bulan dengan izin Allah ‘azza wa jalla. Tak kalah mencengangkan ketika beliau berkata bahwasanya Ka’bah adalah pusat seluruh alam semesta, semua rahasia yang terdapat dalam hadist-hadist Rasulullah saw telah terbukti kebenarannya pada bab akhir Dr.Zaghlul menukilkan hadist yang berkaitan dengan kematian dan hari akhir, 8 hadist yang menjadi sorotan Dr berusia 76 tahun ini, salah satu yang beliau nukilkan diantaranya hadist tanda-tanda kiamat
أن تلد الأمة ربتها وأن ترى الخفاة العراة رعاء الشاء يتطاولون في البنيان "“
begitu banyak tanda-tanda hari kiamat yang Rasulullah ketahui melalui hadist yang dibawa oleh Jibril dan kemudian dikomparasikan dengan ayat-ayat Al-Qur’an, Kita sebagai manusia hanya bisa mentadabburi ayat maupun hadist yang berkaitan dengan tanda-tanda hari kiamat itu, لايعلمها الا الله " " . Semoga buku ini menjadi suplemen ruhiyyah dan ‘aqliyyah, sehingga kita bisa lebih jauh mengeksplorasi Al-Qur’an maupun hadist-hadist melalui wasilah buku ini. Amin.
Penulis : Dr. Zaglul Raghib Muhammad An-Najar
Resentator : Abdurrahman Gunawan

Posted by Situs Bungo on 20.56. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for “Al-I‘jaazul ‘Ilmi fi Sunnah An-Nabawiyah”

Leave comment

Recent Entries

Recent Comments

Photo Gallery