Ramadhan Lembaga Pendidikan Umat

Berpusa di bulan ramadhan adalah salah satu rukun Islam yang wajib kita ketahui, bukan hanya itu, menjalankan ibadah di dalamnya merupakan tuntutan Allah sebagai pencipta kepada seluruh hambaNya. Bahkan Allah menyiapkan bagi yang gemar berpuasa sebuah syurga yang tertulis di pintunya "Ar Rayyan".

Prolog di atas, adalah tujuan akhir dari kandungan perintah Allah yang ada dalam surat Al Baqarah "diwajibkan atas kamu berpuasa". Adapun hikmah besar yang terkandung di dalam bulan ramadhan adalah, bagaimana kita bisa membiasakan apa yang diperintah oleh Allah, sehingga menjadi kebiasaan yang baik bagi umat.

"Lembaga Pendidikan Umat" adalah wajah lain yang ada dalam bulan ramadhan. Institusi yang terbentuk dari waktu sebagai fisiknya, menjadikan ia bisa bebas bergerak di mana saja. Tidak terkecuali seluruh pelosok di atas dunia ini, selagi takbir dikumandangkan, ada Islam di sana, maka ramadhan datang, dan siap menempa setiap muslim yang benar-benar memanfaatkannya.

Selain mencetak kader yang beriman, bulan yang mulia ini banyak memberikan pengaruh positif bagi lingkungan secara luas. Lihat saja tempat-tempat maksiat, mendapat perhatian khusus dari aparat setempat. Perhatikan buah-buahan, yang sebagian besarnya tidak berbuah pada waktu-waktu lain, namun seolah-olah muncul secara misterius dalam bulan penuh kemuliaan ini.

Apa yang ingin kita dapatkan dari lembaga umat???. Sebuah pertanyaan logis yang harus kita munculkan dan kita jawab sendiri lewat aplikasi. Berupa, tercapainya target yang diinginkan Allah dalam pengadaan bulan ini, yaitu menjadi orang-orang yang bertaqwa. Predikat inilah yang mestinya didapat oleh para kader yang mengikuti kegiatan ramadhan.

Dan yang paling istimewa dari semua ini adalah, terikatnya hati para hamba Allah yang bertaqwa dengan Pencipta mereka. Sehingga kegiatan positif bukan hanya dilakukan pada bulan ini, namun juga pada waktu-waktu berikutnya. Rasulullah bersabda : "Seandainya umatku tahu apa yang ada pada bulan ramadhan, maka niscaya mereka akan berangan-angan, satu tahun itu seleuruhnya bulan ramadhan."

Ditulis oleh : Abdurrahman Yusak

Posted by Situs Bungo on 10.58. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for “Ramadhan Lembaga Pendidikan Umat”

Leave comment

Recent Entries

Recent Comments

Photo Gallery